WordCamp Gresik 2022, Meriah!

WordCamp Gresik

WordCamp Gresik menandai kembalinya komunitas WordPress di Indonesia menciptakan konferensi untuk para peminat WordPress. Dihelat antara 9-10 November 2022 di kota Gresik, Jawa Timur, acara ini padat dengan kehadiran 250-an peserta.

Event ini mengambil lokasi di ballroom Hotel Aston Inn Gresik, suatu hotel bintang 3 di tengah kota. Meskipun hotel ini bersebelahan dengan mall, namun ternyata para peserta bertahan sepanjang acara tanpa tergoda untuk pelesiran ke pusat perbelanjaan.

Ada dua acara utama dalam WordCamp Gresik ini, yaitu:

1) Community Day (berisi seminar dari puluhan pembicara) di hari pertama, 

2) Contributor Day (berisi diskusi meja bundar dari berbagai topik) di hari kedua.

Community Day terselenggara semarak dengan pembicara-pembicara yang memuaskan hati semua segmen pengguna WordPress: developer, desainer situs, praktisi SEO, blogger, dan entrepreneur. Para pembicaranya pun sangat beragam: 33% pembicara berasal dari area Gresik sendiri, 33% pembicara merupakan perempuan, dan 25% pembicara berkewarganegaraan non-Indonesia.

Secara mengejutkan, 70% peserta di WordCamp Gresik ternyata datang dari luar kota Gresik. Orang-orang datang berombongan ke Gresik dengan mem-booking elf, naik kereta, atau bahkan berboncengan motor. Tercatat beberapa peserta tiba di bandara Surabaya dulu karena ternyata berasal dari pulau lain (paling jauh ternyata tiba dari Manado).

Tak heran, event ini mendadak membuat hotel-hotel di Gresik kebanjiran booking. Bahkan homestays di beberapa gang di kota Gresik pun penuh dengan tamu harian yang memesan kamar secara on site.

WordCamp Gresik juga tidak lepas dari kemeriahan sponsor yang ikut menggelar booth di arena. Sponsor-sponsor yang umumnya merupakan provider hosting dan penyedia plugin mengadakan pembagian diskon untuk pembelian servis, sambil menggelar permainan untuk menarik perhatian peserta acara.

Kendati acara digelar padat sejak pagi, ternyata tidak menyurutkan semangat peserta untuk bertahan hingga selesai acara di jam 17.00. Banyak peserta yang semula hanya tahu sedikit-sedikit mengenai WordPress, menjadi bertambah wawasan setelah menyimak paparan pembicara dari segala bidang di WordPress. Sebagian peserta bahkan merasa masih belum puas ilmu, sehingga mereka memutuskan untuk menginap di Gresik agar dapat mengikuti Contributor Day pada keesokan harinya.

Beberapa peserta, yang mendapatkan kenalan baru di WordCamp Gresik ini, bahkan mulai bergerak untuk membuat komunitas WordPress baru di kotanya sendiri. Karena dengan membentuk komunitas itu, mereka mengharap bisa berjejaring untuk meningkatkan pengetahuan tentang WordPress dan dapat mengaplikasikannya pada kegiatan mereka sehari-hari.

Para Organizer WordCamp Gresik mengharap acara ini akan memicu WordCamp-WordCamp berikut di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sehingga para pengguna WordPress di seluruh daerah dapat saling berbagi pengetahuan, dan pada akhirnya menggunakan pengetahuan tersebut untuk berkontribusi keada masyarakat luas.

Silakan membuka tautan berikut untuk membaca tentang acara di hari kedua WordCamp Gresik -> Contributor Day